4 Cara Ajarkan Berperilaku Jujur Sejak Kecil

Perilaku seseorang memang banyak dipengaruhi oleh lingkungan sosialnya, baik di sekolah maupun lingkungan antar pertemanan. Meski begitu, karakter seseorang terbentuk dan berasal dari ajaran-ajaran serta kebiasaan yang diperlihatkan kepada anak saat dirinya masih kecil di lingkungan keluarga. Salah satu bentuk karakteristik yang seharusnya dimiliki oleh banyak anak dan diajarkan sejak dini adalah integritas. Dilansir dari situs ACLC KPK, integritas adalah sebuah tindakan yang dilakukan secara konsisten antara apa yang dikatakan dengan tingkah lakunya, dan apakah kedua hal tersebut selaras dengan nilai-nilai yang dianut oleh diri sendiri.

Salah satu bentuk keselarasan adalah kejujuran. Saat anak meyakini bahwa jujur merupakan perilaku yang baik dan harus dilakukan, namun berselang waktu, dirinya tidak dapat berperilaku jujur, maka nilai integritas dalam dirinya patut di tunjukan dan diperbaiki bersama. Maka dari itu, penting bagi tiap keluarga khususnya orang tua untuk turut aktif dalam mengembangkan karakter positif anak termasuk di dalamnya sikap yang jujur, setiap saat. Sebagai orang tua, Anda bisa mengajarkan perilaku jujur kepada anak Anda sejak dini, lho. Apa saja caranya? Yuk, simak sebagai berikut!

  • Beri contoh

Tidak mungkin untuk mengharapkan anak berperilaku jujur dan membuat dirinya terbiasa hidup jujur tanpa adanya contoh yang baik dari orang tuanya di kehidupan sehari-hari. Salah satu contoh kebiasaan tidak jujur orang tua adalah saat orang tua berbohong bahwa dirinya tidak memiliki uang jajan yang bisa diberikan kepada anak, padahal sedang mengantongi uang. Alih-alih berbohong, pada kondisi tersebut, orang tua sebaiknya menjelaskan secara sederhana tentang skala prioritas dari penggunaan uang di dalam kantong celana kepada anak. Sehingga anak tidak hanya melihat orang tuanya sebagai sosok yang jujur dan berintegritas namun juga mempelajari hal-hal baru yang berguna bagi kehidupannya.

  • Berikan apresiasi kepada anak saat ia berperilaku jujur

Meski dirasa tidak perlu, bentuk apresiasi jika diberikan dengan kuantitas yang cukup dan tidak berlebih akan membantu anak mengenali sikap yang baik yang sudah ia lakukan sekaligus membentuk rasa percaya diri dalam dirinya. Bentuk apresiasi yang diberikan pun tidak perlu berupa uang atau mainan, melainkan cukup usap kepala anak atau tersenyum ke arah mereka. Kondisi ini akan membuat anak-anak merasa nyaman dan aman untuk berkata dan berperilaku jujur di kemudian waktu≥

  • Temani anak saat sedang belajar dan mengerjakan tugas

Salah satu momen anak melakukan kecurangan adalah saat dirinya berada dilingkungan sekolah dan kemudian berperilaku curang dengan cara mencontek Pekerjaan Rumah milik temannya. Untuk mengatasi hal ini, ada baiknya tiap orang tua sebisa mungkin menemani anak selama proses belajarnya, terutama saat ia sedang mengerjakan Pekerjaan Rumah. Tujuannya agar anak dapat dengan nyaman menceritakan kesulitannya dalam menerima ilmu pengetahuan di sekolah. Anda sebagai orang tua juga dapat mendeteksi potensi anak di bidang pendidikan yang lain dan tidak meminta anak fokus pada pelajaran yang tidak ia sukai.

  • Kenalkan anak pada cerita-cerita yang mengandung nilai kejujuran

Langkah ini dapat diberikan oleh orang tua kepada anak saat mereka masih balita atau sudah memasuki usia belajar di taman kanak-kanak dan sekolah dasar. Beberapa dongeng yang memiliki nilai-nilai integritas dapat Anda temui di https://aclc.kpk.go.id/aksi-informasi/Eksplorasi/20220318-7-dongeng-anak-sarat-nilai-nilai-integritas.

 

Itu dia beberapa cara yang bisa orang tua lakukan demi tumbuh kembang anak yang penuh dengan integritas dan sikap antikorupsi. Perbanyaklah ilmu dalam mendidik anak dari berbagai sumber agar Anda sebagai orang tua dapat terus menjaga anak tersayang tanpa perlu takut salah dalam memilih langkah, ya!

 

References:

https://aclc.kpk.go.id/materi-pembelajaran/pendidikan/infografis/pengertian-integritas

https://www.suara.com/health/2022/03/06/163022/orangtua-wajib-tahu-ini-6-cara-ajarkan-anak-berperilaku-jujur-sejak-kecil?page=all

 

 

 

 

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *