5 Manfaat Basket untuk Anak, Tubuh dan Mental Lebih Sehat

Sumber : https://www.freepik.com/free-photo/single-mom-playing-basketball-with-her-son_15518718.htm#query=basket%20boy&position=28&from_view=search&track=ais&uuid=e65058f9-63c9-474f-9a8d-7a26935350b5

Anda sebagai orang tua mungkin harus mulai menanamkan dan mengenalkan olahraga basket sejak dini kepada anak, karena ternyata manfaat basket untuk anak cukup besar, lho. Dari sekian banyaknya lembaga pendidikan, Preschool Highscope in Jakarta bisa menjadi solusi terbaik.

Sebab, yayasan ini menerapkan kurikulum akademik dan ekstrakurikuler berstandar internasional untuk jenjang PAUD, SD, dan SMP. Sehingga, anak Anda diajarkan untuk memiliki karakter yang baik, kuat, adaptif, serta mencintai diri dengan hidup sehat. Tapi, sebenarnya bagaimana basket membantu tumbuh kembang anak?

5 Manfaat Basket Untuk Anak

Menurut salah satu jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, basket adalah olahraga yang berkontribusi besar dalam perkembangan fisik, motorik, sosial, dan emosional pada anak. Sehingga, menanamkan kecintaan anak terhadap basket sejak dini akan memberi berbagai manfaat. Berikut ini penjelasannya!

1. Meningkatkan Kesehatan Fisik

Manfaat olahraga basket yang pertama adalah membantu anak membangun kekuatan dan daya tahan fisiknya dengan lebih baik. Bahkan, latihan dasar basket cukup efektif untuk membuat anak tumbuh lebih tinggi, memperkuat otot, hingga meningkatkan kesehatan jantung.

2. Melatih Keseimbangan, Kelincahan, dan Koordinasi Tubuh

Olahraga basket melibatkan banyak gerakan yang memerlukan keseimbangan, kelincahan, serta koordinasi tangan, kaki, dan mata. Sebut saja melompat, berlari, menangkap, dan mengumpan bola. Semua gerakan tersebut akan bantu anak Anda beradaptasi dengan aktivitas yang butuh koordinasi tubuh yang baik.

3. Meningkatkan Konsentrasi dan Fungsi Otak

Selanjutnya, manfaat basket untuk anak juga dapat membantu meningkatkan fungsi otak anak dalam fokus dan berkonsentrasi. Sebab, permainan basket yang intens akan membantu anak mengembangkan strategi, berpikir cepat, dan memutuskan solusi terbaik dalam memainkan bola selama pertandingan.

4. Menumbuhkan Jiwa Kompetitif

Bermain basket melibatkan aturan dan semangat kompetitif tinggi, yang mana secara tidak langsung Anda mengajarkan anak tentang pentingnya mengikuti aturan dan mengembangkan semangat kompetitif. Sehingga, anak Anda bisa bertahan di tengah persaingan alam di masa depan.

5. Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak

Selain manfaat fisik dan mental, olahraga basket juga dapat membuat anak belajar bersosialisasi dengan teman-temannya. Pasalnya, basket adalah olahraga tim, yang berarti anak akan belajar bekerja sama dengan anggota tim lainnya. Anak Anda akan belajar tentang kerja sama, komunikasi, dan kepercayaan diri dalam kelompok.

Manfaat Basket untuk Anak Sangat Penting, Bukan?

Kesimpulannya, basket merupakan salah satu permainan dan olahraga yang memiliki peranan besar dalam tumbuh kembang anak. Manfaat basket untuk anak mulai dari membangun fisik yang kuat dan sehat, membangun jiwa kompetitif, serta meningkatkan keterampilan sosial anak.

Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk Anda memupuk kecintaan anak pada basket sejak dini dengan menyekolahkannya di Preschool Highscope in Jakarta. Selain menggunakan metode belajar berstandar internasional, sekolah ini juga mengajarkan berbagai aspek pendidikan yang baik untuk tumbuh kembang anak.

Peserta didik juga akan berlajar berpikir kritis serta aktif untuk menjadi pribadi berkualitas di tengah-tengah masyarakat. Fasilitas di sekolah ini juga termasuk paling lengkap di kelasnya, sehingga anak Anda memiliki wada terbaik untuk mengeksplor kemampuan dirinya.

 

 

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *