Apa yang Dimaksud dengan Istilah Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini dalam Pendidkan ?

perkembangan kognitif anak usia dini

Dalam beberapa tahun terakhir kemajuan indonesia dalam menerapkan ilmu pendidikan anak usia dini cukup cepat. Hal ini terbukti telah banyaknya lembaga pendidikan PAUD yang berdiri. Salah satu untuk penting dalam pendidikan anak adalah perkembangan kognitif anak usia dini.

Mengenal Apa Itu Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini

Mungkin banyak orang tua yang belum paham tentang istilah ini. Perkembangan kognitif anak usia dini merupakan sebuah tingkat kemampuan anak dalam berpikir. Metode pembelajaran dalam mengidentifikasi perkembangan anak melibatkan proses belajar progresif.

Maksud dari belajar secara progresif adalah dengan memikirkan nilai nilai seperti perhatian, ingatan serta logika berpikir pada anak. Perkembangan keterampilan si kecil sangat penting karena hal ini yang nantinya akan si kecil pakai dalam mengevaluasi, menganalisis, bahkan memproses sebuah informasi.

Perkembangan keterampilan kognitif anak perlu mendapatkan perhatian karena semua anak wajib mempelajari hal ini. Kemampuan berpikir dan belajar sebenarnya setiap anak dapat tingkatkan kearah yang lebih baik bila mempraktekkan atau menyuplai situasi pembelajaran secara tepat dan benar.

Dari Mana Pemikiran Perkembangan Kognitif Ini Berasal ?

Pencetus teori bahwa anak harus mendapatkan perkembangan kognitif secara benar dan tepat adala jean piaget dalam penelitiannya mengenai perkembangan dan kemampuan kognitif pada anak. Dalam tulisanya perkembangan anak terbagi dalam 4 bagian.

Bagian pertama yakni sensor motorik pada usia 0-2 tahun, kemudian pra operasional di usia 2 – 7  tahun, selanjutnya operasional konkret di umur 7 – 11 tahun, hingga terakhir pada usia 11 – 15 tahun yang memiliki penamaan sebagai operasional formal.

Pembelajaran kegiatan kognitif pada setiap tahapan usia berbeda beda contoh pada usia sensori motorik 0 sampai 2 tahun, kegiatan seperti memberikan contoh yang baik, karena pada usia ini anak akan fokus meniru figurenya, berilah contoh seperti menyisir rambut dengan benar dan lainya.

Demikian informasi mengenai perkembangan kognitif anak usia dini. Memahami segala kemungkinan pembelajaran pada anak sangat penting dalam memantau pertumbuhan. Dengan memahami perkembangan kognitifnya, Anda bisa mendidik dan mengajar anak dengan baik serta tepat.

 

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.