Cara Mengatasi Aki Soak

Salah satu bagian dari kendaraan yang  penting adalah aki, maka jika aki soak, pasti menimbulkan masalah yang lainnya.  Dimulai dari mesin yang sulit menyala, lampu kendaraan yang tidak mau terang dan lain sebagainya.

Masalah aki mobil yang soak, biasanya langsung menjadi perhatian pemiliknya. Namun, bagaimana   cara mengatasinya jika misalnya  pada saat itu  keadaan tidak memungkin. Simak  pembahasan berikut ini.

Aki memiliki fungsi  menyimpan daya  listrik. Oleh karena itu jika aki mobil mengalami soak, maka daya listrik yang akan disalurkan pasti turun. Hal ini tentu saja akan membuat sistem kelistrikan pada mobil terganggu.

.

Cara Mengatasi Aki Mobil Soak

Sebagai pemilik kendaraan yang komuter, maka memiliki aki yang dalam keadaan terbaiknya adalah suatu keharusan, Namun, jika ternyata  aki soak, maka  Anda dapat melakukan langkah-langkah untuk mengatasinya.

Alat

Persiapkan alat-alat yang dipakai untuk membongkar aki. Anda dapat  mempersiapkan  kain kering,  obeng minus, cairan  refill aki, suntikan dan lem.

Lepaskan Aki

Lepaskan aki  soak tersebut dari   mobil. pelepasan dimulai dari kutub positif  dulu, baru kemudian kutub negatif. Hal ini   untuk menghindari munculnya  percikan api karena adanya gesekan logam

Bersihkan Aki

Bersihkan aki  dari  kotoran yang menempel dengan kain  bersih. usahakan seluruh  kotoran terhapus.

Bongkar Penutup  Aki

Buka penutup aki menggunakan obeng minus dengan pelan – pelan. Jangan sampai cara melepas aki akan merusakkan aki tersebut.

Isi Air Aki

Setelah  penutup aki terbuka sempurna, maka Anda akan melihat bahwa  di bawah penutup itu terdapat  enam  buah lubang yang berukuran kecil. Anda dapat mengisinya dengan air aki.

Pengisian air aki ini dapat  dibantu dengan  alat suntikan yang telah disediakan. Jangan mengisi  terlalu penuh, sediakan sekitar  satu sentimeter  ruang tanpa cairan aki.  Berhati-hatilah jangan sampai cairan aki ini   terkena kulit, karena akan menimbulkan iritasi.

Jika sudah selesai, tutup kembali dengan rapat aki tersebut.

Pasang pada mesin mobil dan Anda dapat mencoba apakah aki kembali bekerja atau tidak.

 

Itulah  langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi  masalah aki  mobil soak. Untuk mendapatkan hasil yang optimal,  maka berkonsultasilah dengan  bengkel kesayangan Anda.

 

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.