Lumpia Gang Lombok, Nasi Koyor Kota Lama, dan 7 Kuliner Legendaris di Semarang

Semarang memiliki sejumlah kuliner lezat yang selalu diburu wisatawan. Beberapa kuliner Semarang tersebut bahkan ada yangtelah eksis sejak lama sehingga layak disebutkuliner legendaris di Semarang. Kulinerlegendaris di Semarang yang bisa dicicipi mulai dariLumpia Gang Lombok hingga Es Puter Cong Lik.

Gg. Lombok No.11, Purwodinatan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang Lumpia menjadi salah satu makanan khas Semarang, yang membuat kota tersebut dijuluki Kota Lumpia. Salah satu tempat yang menjajakan lumpia adalah Lumpia Gang Lombok.

Sebiji lumpia dibanderol dengan harga Rp 15 ribu yang disajikan menggunakan piring berisi selada, cabai, dan saus spesial. Jl. Letjen Suprapto, Purwodinatan,Semarang Utara, Kota Semarang Nasi Koyor Kota Lamatelah ada sejak 1955.

Kuliner Semarang yang satu ini masih mempertahankan resep serta cara memasakhingga saat ini. Seperti namanya, nasi koyor terdiri dari nasi putih,koyor (urat sapi), oseng kacang panjang, dan sambal. Untuk harga, sepordi nasi koyor dibanderol Rp 25 ribu.

Jl. Gajahmada No.63 B, Kembangsari, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang Tahu pong merupakan tahu yang di bagian tengahnya kosong. Biasanya tahu pong menjadi tambahan dalam hidangan tahu gimbal.

Namun tahu pong juga bisa dimakan begitu saja dengan kuah yang khas. Seporsi tahu pong dibanderol dengan harga mulai Rp 16 ribu. Jl. Karang Anyar No.37, Brumbungan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang

Di Semarang ada leker terkenal yang selalu diburu wisatawan. Namanya Leker Paimo. Tak cuma menjajakan leker dengan topping manis, Leker Paimo juga membuat leker berisi topping asin.

Mulai dari telur, tuna, kornet, sosis, dan keju mozarella. Harganya pun bervariasi, mulai Rp 2 ribu per biji. Jl. MT. Haryono No.724, Jagalan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang

Ke Semarang tak lengkap kalau belum makan tahu petis. Petis merupakan semacam saus berwarna hitam dengan cita rasa manis dan gurih. Jika ke Semarang kunjungi Tahu Petis Mataram yang harganya dibanderol Rp 3 ribu.

Jl. Gajahmada No.13, Kembangsari, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang Kuliner legendaris di Semarang berikutnya yaitu Pisang Plenet Pak Yuli. Seperti namanya, pisang plenet terbuat dari pisang kepok yang dipipihkan kemudian dipanggang.

Setelah dipanggang, pisang disajikan dengan topping cokelat, keju, selai nanas, dan masih banyak pilihan lain. Jl. Tanjung No.18A, Pandansari, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang Mi kopyok berupa hidangan mi kuning, tahu, dan tauge, yang disiram dengan kuah bawang.

Rasanya yang gurih dan segar cocok dinikmati saat siang hari. Seporsi mi kopyok yang dijajakan di warung Mie Kopyok Pak Dhuwur dibanderol dengan harga Rp 13 ribu. Jl. Menteri Supeno, Mugassari, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang

Terakhir, kuliner legendaris di Semarang yang wajib dicicipi yaitu Tahu Gimbal Pak Edi. Tahu gimbal sendiri berisi tahu, kol, lontong, telur, dan gimbal yang merupakan gorengan udang dan tepung. Sebelum disajikan, tahu gimbal disiram dengan kuah kacang.

Seporsi Tahu Gimbal Pak Edi dibanderol dengan harga Rp 13 ribu. Jl. Kh Ahmad Dahlan No.11, Karangkidul, Semarang Tengah, Semarang Cong Lik merupakan singkatan dari kacong cilik alias pembantu kecil.

Diketahui, pemilik kedaiEs Puter Cong Lik dulunyapernah menjadi pelayan orang Jepang. Kini ia telah berbisnis menjajakan es puter dengan beragam varian, sepertialpukat, kacang, durian, leci, sirsak, kelengkeng, dan blewah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *