Memilih Asuransi Jiwa yang Dilengkapi Investasi agar Tidak Menyesal

Produk asuransi saat ini tidak hanya berfungsi sebagai perlindungan finansial saja, melainkan juga sebagai persiapan keuangan masa depan. Anda tidak hanya mendapatkan manfaat asuransi jiwa, tetapi juga manfaat investasi. Dana investasinya sendiri berasal dari dana premi yang Anda bayarkan setiap bulan.

Karena mengandung manfaat asuransi dan investasi, tentu sistem pengelolaan dananya akan berbeda dengan produk asuransi lain pada umumnya. Agar Anda tidak salah memilih saat membeli polis asuransi ini, berikut ini adalah beberapa tips dan hal yang harus diperhatikan berdasarkan rangkuman dari situs media CNBC indonesia dan situs Media Kompas:

  • Cek portofolio dan reputasi perusahaan asuransi

Pastikan bahwa perusahaan tersebut sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk meminimalisir terjadinya tindakan penipuan yang berkedok asuransi. Sebab dengan memilih asuransi yang terdaftar artinya perusahaan tersebut legal dan Anda bisa mendapat perlindungan hukum saat terjadi masalah.

  • Pilih produk sesuai kebutuhan dan kemampuan

Semakin tinggi nominal perlindungan serta pengembalian investasi yang Anda inginkan, maka semakin tinggi pula biaya premi yang harus dibayarkan. Ada baiknya jika Anda memilih nominal yang wajar sesuai dengan kemampuan Anda. Tujuannya agar tidak memberatkan keuangan bulanan Anda.

  • Kenali dan pahami risiko investasi dalam asuransi jiwa pilihan Anda

Mengingat produk ini adalah gabungan dari asuransi perlindungan dan investasi, maka Anda juga perlu untuk mengenali dan memahami lebih dulu mengenai risiko investasi yang ada di dalamnya. Terlebih lagi, naik dan turunnya nilai investasi disini biasanya sangat bergantung pada jenis investasi yang nantinya Anda pilih. Sebagai contoh yakni investasi saham, investasi syariah, investasi campuran dan lain – lain yang memiliki risiko investasi berbeda – beda.

  • Baca dan pahami apa saja hak dan kewajiban pemegang polis asuransi

Sebelum memutuskan untuk membeli asuransi jiwa yang dilengkapi investasi, ada baiknya bagi Anda untuk membaca dan memahami detail informasi mengenai apa saja hak dan kewajiban pemegang polis asuransi tersebut yang ditetapkan oleh pihak perusahaan asuransi. Perhatikan juga pengecualian serta berbagai hal yang dapat membatalkan polis asuransi agar tidak mengalami masalah khususnya saat perlu mengajukan klaim.

Demikianlah beberapa tips dan trik yang bisa Anda gunakan dalam memilih produk asuransi yang dilengkapi investasi. Sebagai rekomendasi, Anda bisa menggunakan asuransi FWD Maxiwealth Link dari FWD Insurance yang sudah berizin dan diawasi oleh OJK.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.