Perlukah Balita Diberikan Suplemen untuk Meningkatkan Nafsu Makan?

Punya balita dengan nafsu makan yang baik tentu adalah idaman setiap orang tua. Hanya saja, perlu Anda sadari pula bahwa tiap balita punya nafsu makan yang berbeda-beda dan sering kali tak bisa ditebak. Kadang si kecil makan dengan sangat lahap, tapi lain waktu ia terlihat malas-malasan makan. Dalam kondisi seperti ini, Anda barangkali jadi mempertimbangkan untuk memberi suplemen penambah nafsu makan anak.

Akan tetapi, apakah memberikan suplemen tersebut benar-benar merupakan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah balita susah makan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Anda bisa simak penjelasan di bawah ini terlebih dahulu, ya! Selamat membaca!

Cari Tahu Apa Penyebab Nafsu Makan Balita Turun

Pada dasarnya, Anda perlu tahu apa penyebab suatu masalah terlebih dahulu, baru kemudian tentukan apa solusi yang tepat. Hal yang sama juga berlaku dalam mengatasi masalah balita susah makan. Dengan begitu, Anda pun bisa temukan solusi yang benar-benar efektif dan sesuai dengan penyebab yang dialami.

Dilansir dari Hello Sehat, turunnya nafsu makan balita bisa disebabkan oleh adanya masalah kesehatan. Contohnya sakit tenggorokan, demam, pilek, batuk, dan ruam. Karena si kecil masih belum bisa mengekspresikan rasa sakit dan tak nyaman sebaik orang dewasa, sering kali ia menunjukkannya dengan cara lain, seperti jadi malas makan.

Apabila masalah ini berlangsung sampai lebih dari seminggu, Anda perlu segera berkonsultasi ke dokter anak. Dengan begitu, apa tepatnya masalah yang terjadi bisa diidentifikasi dan dokter akan memberikan tindakan yang sesuai, termasuk memberikan vitamin penambah nafsu makan apabila memang dibutuhkan.

Penyebab lainnya adalah balita ternyata masih kenyang pada jam makannya. Bisa jadi hal ini dikarenakan anak sudah makan atau ngemil di jeda jam istirahat makan atau banyak minum air/jus pada jam-jam tersebut. Atau, mungkin anak sedang tidak banyak beraktivitas sehingga tubuhnya tidak cukup membakar energi, dan anak jadi tidak merasa lapar.

Perlukah Memberi Suplemen Penambah Nafsu Makan?

Pemberian suplemen penambah nafsu makan dapat disesuaikan dengan konsisi si kecil. Bila balita tetap sehat dan tumbuh normal, berarti pemberian suplemen belum dibutuhkan. Di samping itu, vitamin dan mineral yang paling baik tetap yang berasal dari makanan. Jadi, berikan vitamin atau suplemen sebagai solusi paling final, dan konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anak.

Sementara itu, Anda bisa coba berbagai tips untuk menambah nafsu makan anak secara alami. Misalnya dengan memodifikasi jam makan dari 3 kali sehari jadi tiap 2-3 jam dengan porsi yang disesuaikan atau memberikan camilan tinggi kalori dan nutrisi. Dan tentunya, amati serta catat apa saja yang anak makan tiap hari untuk memantau porsi makan hariannya plus asupan nutrisinya. Karena bisa jadi, nafsu makan si kecil turun karena dia memang masih merasa kenyang.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *