Pesona Danau Toba, Keindahan yang Tiada Dua di Sumatera Utara

Pesona danau Toba dengan keindahan yang dimilikinya menjadi sebuah destinasi liburan di Sumatera yang sayang sekali jika tidak dikunjungi. Berada di Pulau Samosir, danau toba ini adalah danau dengan hamparan air terluas di Indonesia dan Asia Tenggara. Saking luasnya danau toba, bahkan lokasinya ada mencakup tujuh kabupaten di Sumatera Utara, yaitu Samosir, Karo, Dairi, Tapanuli Utara, Toba, Humbanghasundutan, dan Simalungun.

Jika Anda berada di kota Medan atau di tujuh kabupaten di sekitar danau toba atau di daerah lain yang masih di Sumatera Utara, mampirlah ke danau yang indah ini. Penasaran bagaimana keindahan yang dimiliki oleh danau toba ini sehingga menjadi tujuan wisata banyak orang?

Pesona Danau Toba

Sekitar 74.000 tahun yang lalu, Gunung Toba meletus. Catatan sejarah menyebutkan bahwa letusan besar memuntahkan magma sepanjang 2.800 kilometer kubik. Material vulkanik saat itu diperkirakan ribuan kali lebih dahsyat dari letusan Gunung Krakatau pada tahun 1883 yang hanya 18 kilometer kubik.

Badan eksekutif UNESCO di Paris pada sidang ke-209 pada 7 Juli 2020 menobatkan bahwa Kaldera Toba sebagai UNESCO Global Geopark (UGG). Itulah mengapa danau toba merupakan wisata yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Danau toba dikenal dengan tempatnya yang luas dan udaranya sangat sejuk. Memiliki alam yang indah karena bekas ledakan besar ribuan tahun yang lalu, danau toba dilengkapi dengan potensi alam yang sangat kaya dan memiliki karakter seperti Bali.

Danau vulkanik ini merupakan salah satu Destinasi Super Prioritas (DSP), sejajar dengan candi Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang. DSP merupakan bagian dari program pemerintah “10 New Bali”.

Nantinya, destinasi-destinasi tersebut tidak hanya menarik wisatawan, tetapi juga menumbuhkan ekosistem ekonomi kreatif yang melibatkan warga sekitar. Dengan pesonanya yang indah, wajar jika banyak wisatawan yang selalu berdatangan ke danau toba sambil  mencicipi makanan khas Batak Toba.

Cara Menuju Danau Toba

Jika Anda datang dari Kota Medan, maka bisa menggunakan perjalanan darat yang dapat ditempuh dengan bus, taksi, dan kendaraan pribadi. Adapun waktu tempuhnya adalah tiga hingga empat jam.

Jika melewati sebuah wilayah bernama Dairi, maka akan memakan waktu sedikit lebih lama, namun pemandangan alam dan desa-desa yang disuguhkan di sepanjang jalan akan membuat Anda pasti lupa waktu.

Jika ingin lebih cepat dan nyaman, naik pesawat saja untuk langsung ke Bandara Silangit di Kabupaten Toba. Dari Bandara Silangit ini, maka perjalanan menuju danau Toba menjadi lebih cepat.

Sudah tahu seperti apa pesona danau toba yang bahkan sudah diakui oleh UNESCO sebagai Global Geopark. Kalau Anda sedang di Medan, cobalah untuk mampir ke danau toba ini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.