Sejak Pandemi, Netizen Minati Surat Keterangan Sakit dengan Konsultasi Dokter Online

Kondisi pandemi membuat orang banyak memanfaatkan akses digital untuk mendukung aktivitas keseharian. Tak terkecuali saat mereka sedang sakit. Layanan kesehatan online banyak diminati netizen. Umumnya mereka meminta untuk dibuatkan surat surat sakit untuk mendapatkan diagnosa dokter dan izin resmi dari dokter. Satu diantaranya website bernama www.suratsakit.id. Situs ini mulai ramai diperbincangkan sejak Agustus lalu.

Dalam penjelasannya, surat sakit menyediakan diagnosa dari dokter secara gratis. Setelah pasien didiagnosa dan terbukti sakit, peminat kemudian mendapatkan surat sakit lewat email dari dokter yang tersertifikasi. Netizen mengaku tertarik memanfaatkan layanan surat sakit online semacam ini lantaran takut kalau datang ke dokter atau ke rumah sakit langsung dan tak perlu antre. "Setahuku surat sakit hrs pk no SIP sesuai tmpt berpraktek bukan No STR," komentar netizen Marisa Ica.

"Njir ada beginian..knp ga dr dulu pas wkt masih kerja..," komentar netizen pemilik akun Dankerz Ryu. Admin menjelaskan, dokter tetap mendiagnosa melalui layanan online. Penderita sakit akan diminta mengisi kuisioner dan dokter akan meninjau akan memberikan surat sakit berdasarkan diagnosa yang diisi tersebut. Berdasar informasi yang dihimpun surat sakit menawarkan layanan yang berbeda, yaitu surat sah izin sakit dari dokter yang tersertifikasi.

Lewat surat sakit, dokter dapat mendiagnosis penyakit yang diderita pengguna melalui kuesioner yang interaktif. Jika kemudian dokter menyatakan pengguna mengalami sakit ringan seperti flu, batuk, sakit perut, sakit kepala dan butuh istirahat, dokter akan memberikan surat sakit agar penderita bisa beristirahat di rumah dengan maksimum 3 hari. Menurut klaim mereka, surat sakit dari dokter dapat dipakai untuk bukti sakit yang sah kepada perusahaan, atau pihak pihak terkait tempat penderita bekerja.

Surat keterangan sakit ini diberikan dalam format digital dengan file PDF.

Leave a Reply

Your email address will not be published.